Sunday 3 April 2016

Program Konversi Suhu dengan Pascal

Assalamualaikum Wr Wb.

Hy sobat ketemu lagi dengan saya Muhammad Rijal, di hari minggu yah sobat sedikit ada rasa malas sih sebenarnya, biasa lah sobat namanya juga mahasiswa biasa kalau waktu libur sukanya malas-malasan sobat. Tapi tidak apapa lah sobat sekali-kali toh malas-malasan,heheheh. Ok sobat mumpun saya ingat waktu itu ada tugas yang diberikan kepada saya atau tepatnya kepada teman sekelas saya oleh dosen yaitu Mata kuliah Logika Algoritma, ini merupakan mata kuliah wajib bagi saya, teman-teman atau sobat-sobat sekalian. Khususnya yang mengambil Jurusan Teknik Informatika ataupun mata kuliah lain yang mempelajari Logika Algoritma.

Jadi begini sobat mungkin sobat dapat tugas seperti saya mungkin sobat dapat mengcopy Coding atau listing saya dibawa ini, tapi ingat sobat  jangan asal Copy saja pelajari juga yah sobat dan dapat diubah sesuai keinginan anda loh sobat yang penting masih tidak error ya sobat, soalnya parah toh urusannya kalau programnya Error bikin pusing saja(hehehe).

Soal yah yang diberikan dosen saya sobat itu seperti ini (“Buat program konversi suhu dengan menentukan sendiri derajat awal, selang derajat dan derajat akhirnya”), suhunya disitu yang dimaksud sobat yaitu Celcius, Fahrenheit dan Reamur. Awalnya saya pusing juga sobat tapi saya kerja sedikit demi sedikit walau sering sekali terjadi error loh sobat, tapi yah namanya juga pembuat program harus sabar loh sobat. Dan saya sebut program ini dengan nama program konversi suhu modifikasi atau Program Konversi Suhu dengan Pascal sobat.


Ok langsung saja sobat, berikut listing / coding dari Program Konversi Suhu dengan Pascal dan contoh hasil runningnya : 

  1. program tugas_konversi_suhu_by_Rijal_modifikasi;
    uses crt;
    var
            F,R,K,C:real;
            I:integer;
            derajatawal,selangderajat,derajatakhir:real;
    begin
    clrscr;
            write('Masukkan Derajat Awal : ');readln(derajatawal);
            write('Masukkan Selang Derajat : ');readln(selangderajat);
            write('Masukkan Derajat Akhir : ');readln(derajatakhir);
            writeln;
            writeln('                [ PROGRAM KONVERSI SUHU ]  ');
            writeln(' |Celcius | Fahrenheit |  Reamur |  Kelvin    | ');
            C:=derajatawal;
            repeat
            F:=9/5*C+32;
            R:=4/5*C;
            K:=273+C;
            writeln(C:11:2,'  | ',F:11:2,'    | ',R:11:2,'| ',K:11:2);
            C:=C+selangderajat;
            until C>derajatakhir;
    readln;
    end.

Berikut contohnya sobat apabila kita masukkan Derajat awalnya yaitu 5, selang derajatnya 10 dan derajat akhirnya 50 adapun hasilnya seperti gambar yang ada dibawa ini sobat :


Ok sobat sekian dulu yah sobat, jangan lupa belajar yah sobat. Wassalam dari saya.
Share:

Artikel Terbaru




Powered by Blogger.